Kamis, 31 Agustus 2017

Resep Kue Basah Modern Bika Ambon Terbaru

Kembali lagi dengan bung kue. Kali ini saya akan bagi-bagi resep kue basah yang selalu saya bilang maknyos. Resep yang akan saya bagikan yaitu resep kue basah bika ambon. Apakah kamu sudah tahu kue ini ?.

Bagi yang belum tahu nih, saya kasih tahu . Sebenernya kue basah bika ambon ini berasal dari daerah mana bung? "saya tidak tahu", hehe bercanda Sahku (panggilan ku kepada kamu, kepanjangannya adalah sahabat kue).

Sahku sekarang akan saya kasih tahu asal usul kue bika ambon, kalau dilihat dari namannya mungkin sebagian besar orang berfikir bahwa kue basah tersebut berasal dari Ambon, Betul tidak? bahkan saya sendiri pun juga begi tadinya.

Tetapi ternyata prasangka saya itu salah besar. Meskipun kue tersebut bernama bika ambon ternyata asalalnya bukan dari ambon. Melainkan dari salah satu daerah di Indonesia yaitu dari Ibukota Sumatera Utara  lebih tepatnya di Medan.

Sudah-sudah kok ini malah bahas sejarah kue. Sekarang saya ingin tanya kamu yang sedang membaca artikel ini, Kamu pernah makan bika ambon ini apa belum ?, kalau saya sendiri sih belum hehe. tetapi kata temen-temen saya yang sudah pernah makan ini kue basah, katanya rasanya seperti yang sering saya bilang yaitu Maknyos.

Buat kamu yang pengen buat kue tersebut ini saya aka bagikan resepnya biar kamu juga bisa merasakan nikmatnya kue tersebut, "saya tidak bikin karena tidak ada waktu dan belum punya istri atau biasa di sebut dengan sebutan Jones ", ops baper >_<. Sudahlah berikut ini resepnya:

Resep kue basah bika ambon

Resep kue basah bika ambon


Resep kue basah bika ambon


Bahan-bahan

  • 175 gram gula pasir
  • 100 gram tepung sagu
  • 200 mili liter santan kental
  • 1 lembar daun pandan, rebus dengan 100 mili liter air, biarkan dingin
  • 2 lembar daun jeruk
  • 10 kuning telur
  • 2 putih telur
  • Minyak goreng, digunakan untuk olesan 
  • ½ sendok teh ragi instan.
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 mili liter air

Cara Pembuatan


  1. Langkah pertama kamu campurkan ragi instan, tepung terigu dan air menjadi satu, aduk-aduk hingga rata. Tunggu dulu atau diamkan 15 menit hingga mengembang.
  2. Kocok gula putih beserta telur hingga mengental. kemudian masukan tepung  sagu dan santan secara bergantian jangan lupa di aduk sampai tercampur rata.'
  3. Tambahkan adonan biang, kamu aduk-aduk hingga tercampur rata. Tutup adonan dengan serbet atau dengan sapu tangan dan diamkan selama 10 jam.
  4.  Sampailah tahap pencetkan, Siapkan cetakan bika ambon, yang telah di olesi minyak. Sebelumnya aduk terlebih dahulu. tuangkan kedalam cetakan yang sudah panas"tandanya ada bunyi mendesis" Panggang dengan tutup oven sedikit terbuka dan jika sudah terlihat matang maka angkat.
  5. Jangan langsung di makan, Kamu panggang kembali dengan api sedang hingga kuning kecoklatan. Jika sudah maka angkat dan biarkan agak dingin.
  6. keluarkan dari cetakan, dan kue basah bika ambon siap di sajikan dan di makan.


Bagaimana? bukankah itu mudah "jika yang sering buat kue". Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai resep kue basah bika ambon.  Saya ucapkan terimakasih dan jangan lupa suport terus jalan kue dengan like, share dan komentar,

Agar jalan kue selalu update tentang kue yang membuat mulut selalu bergoyang hingga mngatakan maknyos. Terimakasih jangan lupa bahagia.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon